Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anwar Abbas Menghadapi Gugatan Rp 1 Triliun dari Panji Gumilang

panji gumilang


Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Wakeum MUI), Anwar Abbas, dengan berani menyatakan kesiapannya menghadapi gugatan perdata senilai Rp 1 triliun yang diajukan oleh Pimpinan Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang. Menanggapi tantangan hukum ini, Anwar telah melibatkan tim pengacara berpengalaman yang akan mewakili dirinya dalam persidangan yang akan datang.

Dalam konferensi pers yang diadakan pada hari Sabtu, Anwar menyatakan, "Saya telah secara resmi menunjuk dan memberikan kuasa kepada tim pengacara dari Dewan Pimpinan Pusat Forum Advokat Pembela Pancasila (DPP FAPP) yang diketuai oleh M. Ihsan Tanjung untuk menghadapi gugatan yang diajukan oleh Panji Gumilang."

Motif di balik langkah hukum ini adalah rasa tidak puas yang dirasakan oleh Panji Gumilang atas dakwaan dirinya sebagai seorang komunis. Dalam gugatan perdata yang diajukan, Panji menuntut ganti rugi materiil dan imateriil sebesar Rp 1 triliun.

"Saya telah mempercayakan mereka untuk menghadapi tuduhan Perbuatan Melawan Hukum yang diarahkan kepada saya oleh Panji Gumilang," ungkap Anwar dengan tegas.

Gugatan Panji saat ini sedang diajukan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kelas IA Khusus dengan nomor perkara 415/Pdt.G/2023/PN Jkt.Pst. Sidang perdana kasus ini dijadwalkan akan digelar pada tanggal 26 Juli 2023.

"Dalam menyelesaikan semua perkara yang terkait dengan gugatan Panji terhadap saya, saya telah sepenuhnya menyerahkan dan memberikan wewenang kepada DPP FAPP. Mereka akan mengirimkan sekitar 36 advokat untuk membela saya di pengadilan," tambah Anwar sambil memberi penegasan.

Tidak dapat disangkal bahwa gugatan senilai Rp 1 triliun yang diajukan oleh Panji Gumilang adalah respons terhadap pernyataan dan komentar yang dilontarkan Anwar Abbas yang dirasakan sebagai pencemaran nama baik. Anwar dianggap telah melukai hati Panji secara terus-menerus melalui komentarnya di berbagai media.

"Hendara, pengacara Panji Gumilang, dalam keterangan terpisahnya menyatakan, 'Anwar Abbas secara berlebihan menyudutkan klien kami. Pernyataannya bersifat sepihak dan tidak pernah ada konfirmasi langsung kepada klien kami, sehingga cenderung memuat kecenderungan pribadi yang merugikan'."

Hendra juga menegaskan bahwa tuduhan-tuduhan yang dilontarkan oleh Anwar Abbas didasarkan hanya pada potongan video tanpa dilakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak Panji Gumilang.

Dengan gugatan senilai triliunan rupiah ini, pertarungan hukum antara Anwar Abbas dan Panji Gumilang semakin menarik. Pertanyaan utamanya adalah apakah Anwar akan mampu membela diri dan mengatasi gugatan yang diajukan oleh Panji. Waktunya akan segera tiba saat sidang perdana digelar pada tanggal 26 Juli 2023.

Posting Komentar untuk "Anwar Abbas Menghadapi Gugatan Rp 1 Triliun dari Panji Gumilang"